Pengertian input,output,proses
input device
Input device adalah alat yang digunakan untuk menerimainput dari luar sistem,
dan dapat berupa signalinput atau maintenanceinput. Di dalam sistem komputer, signal
input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance
input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan
demikian, alatinput selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan
program. Beberapa alatinput mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat
input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yang demikian disebut sebagai
terminal. Terminal dapat dihubungkan ke sistem komputer dengan menggunakan kabel
langsung atau lewat alat komunikasi.
Terminal dapat digolongkan menjadi non intelligent terminal, smart terminal, dan
intelligent terminal. Non intelligent terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan
input dan penampil output, dan tidak bisa diprogram karena tidak
mempunyai alat pemroses. Peralatan seperti ini juga disebut sebagai dumb
terminal. Smart terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya
sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali.
Walaupun demikian, terminal jenis ini tidak dapat diprogram oleh
pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya. Sedangkan intelligent terminal
dapat diprogram oleh pemakai.
Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alatinput dapat digolongkan menjadi alat
input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan
langsung diproses oleh alat pemroses, sedangkan alatinput tidak langsung melalui media
tertentu sebelum suatuinput diproses oleh alat pemroses
Alat input langsung dapat berupa:
1.papan ketik (keyboard),
2.pointing device (misalnya mouse, trackball, touch screen, light pen, digitizer graphics
tablet),
3.scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atauoptical
character recognition reader),
4.sensor (misalnya digitizing camera),
5.voice recognizer (misalnyamicrophone).
6.joystick, gamepad, webcam.
Papan Ketik (Keyboard)
Papan ketik atau keyboard adalah peralatan mengetik yang digunakan untuk
menginput (memasukkan) teks dan juga untuk mengontrol pengoperasian
komputer.
Keyboard terdiri dari tombol-tombol berbentuk
kotak yang disusun padanya. Tombol-tombol tersebut
mempunyai huruf atau simbol yang tercetak di atasnya yang menunjukkan
huruf atau simbol yang akan ditampilkannya di monitor bila ditekan.
Selain itu bila kita menggabungkan dua tombol dengan menekannya
bersamaan, kita kadang akan mendapatkan fungsi atau input khusus.
Ada berbagai jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard, namun yang
paling populer digunakan adalah tata letak QWERTY, yang sebenarnya
merupakan tata letak mesin ketik yang paling populer.
Keyboard tipe baru biasanya mempunyai tombol-tombol tambahan pada bagian
atasnya (di atas tombol F1, F2, dll) untuk mempermudah pengguna dalam
mengakses isi komputer. Selain itu, keyboard baru juga banyak yang
nirkabel.
Pointing Device (misalnya Mouse, Trackball, Touch Screen, Light Pen, Digitizer
Graphics Tablet)
1.2.1 Mouse
Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouseadalah
alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain
keyboard. Tetikus berbentuk seperti seekor tikus yang menjadi asal nama
bahasa Inggrisnya (mouse).
1.2.2 Trackball
Trackball adalah alat penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam
sebuah alat yang memiliki sensor gerakan.Trackball umumnya terdapat pada
mouse modern.Tra ckball mensimulasikan pergerakan vertikal mouse,
sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan mouse berulang kali untuk
dapat menaikkan/menurunkan layar.
Tablet Grafis
(Inggris : Graphic Tablet, atau digitizing tablet, graphics pad, drawing
tablet) adalah perangkat keras (hardware) atau input device komputer
yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan
memasukkan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya menggambar
di atas kertas menggunakan pensil.
Sebuah graphic tablet terdiri dari tablet digital dan sebuah kursor
ataupun sebuah pena digital (pen). Tablet digital memiliki permukaan
yang pipih sebagai alas gambar yang terdiri atas perlengkapan elektronik
yang dapat mendeteksi gerakan kursor atau pena digital kemudian
menerjemahkannya menjadi sinyal digital yang dikirim langsung ke
komputer. Setiap titik atau gerakan pada tablet merepresentasikan titik
atau gerakan pada layer monitor, inilah yang membedakannya dengan fungsi
mouse yang tergantung pada letak kursor. Hasil gambar tidak akan
terlihat pada tablet itu sendiri, melainkan pada monitor komputer.
Scanner
Misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atau
optical character recognition reader). Scanner adalah suatu alat
elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin
fotokopi hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan
scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian
baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya
menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen
dan gambar.
1.4
Sensor (misalnya Digitizing Camera)
Salah satu input device yang sedang marak belakangan ini adalah digital
camera. Dengan adanya alat ini, kita dapat lebih mudah memasukan data
berupa gambar apa saja, dengan ukuran yang relatif cukup besar, ke dalam
komputer kita. Digital camera yang beredar di pasaran saat ini ada
berbagai macam jenis, mulai dari jenis camera untuk
mengambil gambar statis, sampai dengan camera yang dapat merekam gambar dinamis
seperti video
Voice Recognizer (misalnya Microphone)
Kalau camera digunakan untuk memasukkaninput berupa gambar (dan suara),
maka mic digunakan hanya untuk memasukkaninput berupa suara. Penggunaan
mic tentu saja memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input
suara tersebut yaitu sound card, dan speaker untuk mendengarkan hasil
rekaman suara
Joystick, Gamepad, Webcam
1.6.1 Joystick
Joystick adalah alat masukan komputer yang berwujud
tuas yang dapat bergerak ke segala arah, untuk mentransmisikan arah dua
atau tiga dimensi ke dalam komputer. Joystick umumnya digunakan untuk
memainkan permainan video, dan juga dilengkapi dengan lebih dari satu
tombol. Selain untuk mengontrol permainan video, joystick juga banyak
digunakan
pada mesin lain, misalnya pada kursi roda bermotor,crane, dan truk.
Gamepad
Gamepad, dikenal juga dengan joypad atau control pad adalah tipe kontroler
permainan video yang mengutamakan penggunaan jari, khususnya ibu jari,
untuk menjalankannya. Gamepad umumnya memiliki tombol aksi di sebelah
kanan dan pengontrol arah di sebelah kiri. Awalnya pengontrol arah
terbatas pada empat arah (D- pad), namun gamepad modern umunya memiliki
tuas analog sebagai pendukung atau penggantinya.
Webcam
Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan
bagi kamerareal-ti me (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang
gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program
instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah "webcam" juga
merujuk kepada jenis kamera yang digunakan untuk keperluan ini.
Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan
melalui media punched card (kartu plong),key-to-tape yang merekam data
ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses,
dankey-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket
atauharddisk) sebelum diproses lebih lanjut
proses
Di dalam proses terdapat pengendali utama komputer yaitu CPU (Central
Processing Unit)merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi
operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, danCU
(Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer.
CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program, yang pada
komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro). Pemroses
ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Dalam dunia
dagang, pemroses ini diberi nama sesuai dengan keinginan pembuatnya dan
umumnya ditambah dengan nomor seri, misalnya dikenal pemroses Intel
80486 DX2-400 (buatan Intel dengan seri 80486 DX2-400 yang dikenal
dengan komputer 486 DX2), Intel Pentium 100 (dikenal dengan komputer
Pentium I), Intel Pentium II-350, Intel Pentium III-450, Intel Celeron
333, AMD K-II, dan sebagainya. Masing-masing produk ini mempunyai
kelebihan dan kekurangan masing-masing. CPU terdiri dari dua bagian
utama yaitu unit kendali (control unit) dan unit aritmatika dan logika
(ALU). Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang
berukuran kecil yang disebut dengan register.
CU (Control Unit) / Unit Kendali
Unit kontrol atau Control Unit (CU) adalah salah satu bagian dari CPU yang
bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang
dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut.
Output dari unit ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari
perangkat CPU tersebut.
Unit ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada
pada sistem komputer. Unit kendali akan mengatur kapan alat input
menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat
output. Unit ini juga mengartikan instruksi-instruksi dari program
komputer, membawa data dari alat input ke memori utama,
dan mengambil data dari memori utama untuk diolah. Bila ada instruksi
untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali
akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data
dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada
saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit
kendali ini adalah:
1. Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
2. Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
3. Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
4. Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan
logika serta mengawasi kerja dari ALU.
5. Menyimpan hasil proses ke memori utama.
ALU (Arithmatic and Logic Unit)
Arithmatic and Logic Unit(ALU), atau dalam bahasa Indonesia yaitu
unit/komponen aritmatika dan logika, adalah salah satu bagian/komponen
dalam sistem mikroprosesor/komputer yang berfungsi melakukan
operasi/perhitungan aritmatika dan logika. Contoh operasi aritmatika
yaitu operasi penjumlahan dan pengurangan. Sedangkan contoh operasi
logika adalah logika AND dan OR.
Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika
(matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan
semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit
elektronik yang digunakan disebut adder. Tugas lain dari ALU adalah
melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi
program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan
menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama
dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih
besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ )
output device
Output Device (Alat Keluaran) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi
untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupahard-
copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara.
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk,
yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus),i mage (dalam bentuk grafik
atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin
(machine-readable form). Tiga golongan pertama adalahoutput yang dapat
digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya
digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer.
Peralatanoutput dapat berupa:
1.Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image
pada media keras seperti kertas atau film.
2.Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan
image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik.
3.Drive deviceatau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam
bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau
magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat
input.
Output bentuk pertama sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas
dari alatoutputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum
digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm.
Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video display, flat panel,
dan speaker. Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan media
magnetic disk adalah disk drive, dan yang menggunakan media
magnetic tapeadalah tape drive.
Alat output dapat berupa:
1.Speaker (internal, external);
2.Printer danPlotter;
3.Monitor;
4.Infocus;
5.Slide;
6.Microfilm;
7.Sound Card;
8.Projector
Tidak ada komentar:
Posting Komentar