Pengertian input,output,proses
input device
Input device adalah alat yang digunakan untuk menerimainput dari luar sistem, 
dan dapat berupa signalinput atau maintenanceinput. Di dalam sistem komputer, signal 
input berupa data yang dimasukkan ke dalam sistem komputer, sedangkan maintenance 
input berupa program yang digunakan untuk mengolah data yang dimasukkan. Dengan 
demikian, alatinput selain digunakan untuk memasukkan data juga untuk memasukkan 
program. Beberapa alatinput mempunyai fungsi ganda, yaitu disamping sebagai alat 
input juga berfungsi sebagai alat output sekaligus. Alat yang demikian disebut sebagai 
terminal. Terminal dapat dihubungkan ke sistem komputer dengan menggunakan kabel 
langsung atau lewat alat komunikasi. 
Terminal dapat digolongkan menjadi non intelligent terminal, smart terminal, dan 
intelligent terminal. Non intelligent terminal hanya berfungsi sebagai alat memasukkan 
input dan penampil output, dan tidak bisa diprogram karena tidak 
mempunyai alat pemroses. Peralatan seperti ini juga disebut sebagai dumb
 terminal. Smart terminal mempunyai alat pemroses dan memori di dalamnya
 sehingga input yang terlanjur dimasukkan dapat dikoreksi kembali. 
Walaupun demikian, terminal jenis ini tidak dapat diprogram oleh 
pemakai, kecuali oleh pabrik pembuatnya. Sedangkan intelligent terminal 
dapat diprogram oleh pemakai. 
Peralatan yang hanya berfungsi sebagai alatinput dapat digolongkan menjadi alat 
input langsung dan tidak langsung. Alat input langsung yaitu input yang dimasukkan 
langsung diproses oleh alat pemroses, sedangkan alatinput tidak langsung melalui media 
tertentu sebelum suatuinput diproses oleh alat pemroses
Alat input langsung dapat berupa: 
1.papan ketik (keyboard),
2.pointing device (misalnya mouse, trackball, touch screen, light pen, digitizer graphics 
tablet), 
3.scanner (misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atauoptical 
character recognition reader),
4.sensor (misalnya digitizing camera),
5.voice recognizer (misalnyamicrophone).
6.joystick, gamepad, webcam.
Papan Ketik (Keyboard) 
Papan ketik atau keyboard adalah peralatan mengetik yang digunakan untuk
 menginput (memasukkan) teks dan juga untuk mengontrol pengoperasian 
komputer. 
Keyboard terdiri dari tombol-tombol berbentuk 
kotak yang disusun padanya. Tombol-tombol tersebut 
mempunyai huruf atau simbol yang tercetak di atasnya yang menunjukkan 
huruf atau simbol yang akan ditampilkannya di monitor bila ditekan. 
Selain itu bila kita menggabungkan dua tombol dengan menekannya 
bersamaan, kita kadang akan mendapatkan fungsi atau input khusus. 
Ada berbagai jenis tata letak tombol-tombol pada keyboard, namun yang 
paling populer digunakan adalah tata letak QWERTY, yang sebenarnya 
merupakan tata letak mesin ketik yang paling populer. 
Keyboard tipe baru biasanya mempunyai tombol-tombol tambahan pada bagian
 atasnya (di atas tombol F1, F2, dll) untuk mempermudah pengguna dalam 
mengakses isi komputer. Selain itu, keyboard baru juga banyak yang 
nirkabel. 
Pointing Device (misalnya Mouse, Trackball, Touch Screen, Light Pen, Digitizer 
Graphics Tablet) 
1.2.1 Mouse 
Tetikus atau yang lebih dikenal dengan nama mouseadalah 
alat yang digunakan untuk memasukkan data ke dalam komputer selain 
keyboard. Tetikus berbentuk seperti seekor tikus yang menjadi asal nama 
bahasa Inggrisnya (mouse). 
1.2.2 Trackball 
Trackball adalah alat penunjuk yang berupa sebuah bola yang berada di dalam 
sebuah alat yang memiliki sensor gerakan.Trackball umumnya terdapat pada
 mouse modern.Tra ckball mensimulasikan pergerakan vertikal mouse, 
sehingga pengguna tidak perlu menggerakkan mouse berulang kali untuk 
dapat menaikkan/menurunkan layar.
Tablet Grafis 
(Inggris : Graphic Tablet, atau digitizing tablet, graphics pad, drawing
 tablet) adalah perangkat keras (hardware) atau input device komputer 
yang membolehkan pemakainya untuk menggambar dengan tangan dan 
memasukkan gambar atau sketsa langsung ke komputer, layaknya menggambar 
di atas kertas menggunakan pensil. 
Sebuah graphic tablet terdiri dari tablet digital dan sebuah kursor 
ataupun sebuah pena digital (pen). Tablet digital memiliki permukaan 
yang pipih sebagai alas gambar yang terdiri atas perlengkapan elektronik
 yang dapat mendeteksi gerakan kursor atau pena digital kemudian 
menerjemahkannya menjadi sinyal digital yang dikirim langsung ke 
komputer. Setiap titik atau gerakan pada tablet merepresentasikan titik 
atau gerakan pada layer monitor, inilah yang membedakannya dengan fungsi
 mouse yang tergantung pada letak kursor. Hasil gambar tidak akan 
terlihat pada tablet itu sendiri, melainkan pada monitor komputer. 
Scanner 
Misalnya magnetic ink character recognition, optical data reader atau 
optical character recognition reader). Scanner adalah suatu alat 
elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Mesin
fotokopi hasilnya dapat langsung kamu lihat pada kertas sedangkan 
scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor komputer dahulu kemudian
 baru dapat dirubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya 
menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file text, dokumen 
dan gambar. 
1.4 
Sensor (misalnya Digitizing Camera) 
Salah satu input device yang sedang marak belakangan ini adalah digital 
camera. Dengan adanya alat ini, kita dapat lebih mudah memasukan data 
berupa gambar apa saja, dengan ukuran yang relatif cukup besar, ke dalam
 komputer kita. Digital camera yang beredar di pasaran saat ini ada 
berbagai macam jenis, mulai dari jenis camera untuk 
mengambil gambar statis, sampai dengan camera yang dapat merekam gambar dinamis 
seperti video
Voice Recognizer (misalnya Microphone) 
Kalau camera digunakan untuk memasukkaninput berupa gambar (dan suara), 
maka mic digunakan hanya untuk memasukkaninput berupa suara. Penggunaan 
mic tentu saja memerlukan perangkat keras tambahan untuk menerima input 
suara tersebut yaitu sound card, dan speaker untuk mendengarkan hasil 
rekaman suara
Joystick, Gamepad, Webcam 
1.6.1 Joystick 
Joystick adalah alat masukan komputer yang berwujud 
tuas yang dapat bergerak ke segala arah, untuk mentransmisikan arah dua 
atau tiga dimensi ke dalam komputer. Joystick umumnya digunakan untuk 
memainkan permainan video, dan juga dilengkapi dengan lebih dari satu 
tombol. Selain untuk mengontrol permainan video, joystick juga banyak 
digunakan 
pada mesin lain, misalnya pada kursi roda bermotor,crane, dan truk. 
Gamepad 
Gamepad, dikenal juga dengan joypad atau control pad adalah tipe kontroler 
permainan video yang mengutamakan penggunaan jari, khususnya ibu jari, 
untuk menjalankannya. Gamepad umumnya memiliki tombol aksi di sebelah 
kanan dan pengontrol arah di sebelah kiri. Awalnya pengontrol arah 
terbatas pada empat arah (D- pad), namun gamepad modern umunya memiliki 
tuas analog sebagai pendukung atau penggantinya. 
Webcam 
Webcam (singkatan dari web camera) adalah sebutan 
bagi kamerareal-ti me (bermakna keadaan pada saat ini juga) yang 
gambarnya bisa diakses atau dilihat melalui World Wide Web, program 
instant messaging, atau aplikasi video call. Istilah "webcam" juga 
merujuk kepada jenis kamera yang digunakan untuk keperluan ini. 
Sedangkan alat input tidak langsung misalnya keypunch yang dilakukan 
melalui media punched card (kartu plong),key-to-tape yang merekam data 
ke media berbentuk pita (tape) sebelum diproses oleh alat pemroses, 
dankey-to-disk yang merekam data ke media magnetic disk (misalnya disket
 atauharddisk) sebelum diproses lebih lanjut
proses
Di dalam proses terdapat pengendali utama komputer yaitu CPU (Central 
Processing Unit)merupakan otak sistem komputer, dan memiliki dua bagian fungsi 
operasional, yaitu: ALU (Arithmetical Logical Unit) sebagai pusat pengolah data, danCU 
(Control Unit) sebagai pengontrol kerja komputer. 
CPU merupakan tempat pemroses instruksi-instruksi program, yang pada 
komputer mikro disebut dengan micro-processor (pemroses mikro). Pemroses
 ini berupa chip yang terdiri dari ribuan hingga jutaan IC. Dalam dunia 
dagang, pemroses ini diberi nama sesuai dengan keinginan pembuatnya dan 
umumnya ditambah dengan nomor seri, misalnya dikenal pemroses Intel 
80486 DX2-400 (buatan Intel dengan seri 80486 DX2-400 yang dikenal 
dengan komputer 486 DX2), Intel Pentium 100 (dikenal dengan komputer 
Pentium I), Intel Pentium II-350, Intel Pentium III-450, Intel Celeron 
333, AMD K-II, dan sebagainya. Masing-masing produk ini mempunyai 
kelebihan dan kekurangan masing-masing. CPU terdiri dari dua bagian 
utama yaitu unit kendali (control unit) dan unit aritmatika dan logika 
(ALU). Disamping itu, CPU mempunyai beberapa alat penyimpan yang 
berukuran kecil yang disebut dengan register. 
CU (Control Unit) / Unit Kendali 
Unit kontrol atau Control Unit (CU) adalah salah satu bagian dari CPU yang 
bertugas untuk memberikan arahan/kendali/ kontrol terhadap operasi yang 
dilakukan di bagian ALU (Arithmetic Logical Unit) di dalam CPU tersebut.
 Output dari unit ini akan mengatur aktivitas dari bagian lainnya dari 
perangkat CPU tersebut. 
Unit ini bertugas mengatur dan mengendalikan semua peralatan yang ada 
pada sistem komputer. Unit kendali akan mengatur kapan alat input 
menerima data dan kapan data diolah serta kapan ditampilkan pada alat 
output. Unit ini juga mengartikan instruksi-instruksi dari program 
komputer, membawa data dari alat input ke memori utama, 
dan mengambil data dari memori utama untuk diolah. Bila ada instruksi 
untuk perhitungan aritmatika atau perbandingan logika, maka unit kendali
 akan mengirim instruksi tersebut ke ALU. Hasil dari pengolahan data 
dibawa oleh unit kendali ke memori utama lagi untuk disimpan, dan pada 
saatnya akan disajikan ke alat output. Dengan demikian tugas dari unit 
kendali ini adalah: 
1. Mengatur dan mengendalikan alat-alat input dan output.
2. Mengambil instruksi-instruksi dari memori utama.
3. Mengambil data dari memori utama (jika diperlukan) untuk diproses.
4. Mengirim instruksi ke ALU bila ada perhitungan aritmatika atau perbandingan 
logika serta mengawasi kerja dari ALU. 
5. Menyimpan hasil proses ke memori utama.
ALU (Arithmatic and Logic Unit) 
Arithmatic and Logic Unit(ALU), atau dalam bahasa Indonesia yaitu 
unit/komponen aritmatika dan logika, adalah salah satu bagian/komponen 
dalam sistem mikroprosesor/komputer yang berfungsi melakukan 
operasi/perhitungan aritmatika dan logika. Contoh operasi aritmatika 
yaitu operasi penjumlahan dan pengurangan. Sedangkan contoh operasi 
logika adalah logika AND dan OR. 
Tugas utama dari ALU adalah melakukan semua perhitungan aritmatika 
(matematika) yang terjadi sesuai dengan instruksi program. ALU melakukan
 semua operasi aritmatika dengan dasar penjumlahan sehingga sirkuit 
elektronik yang digunakan disebut adder. Tugas lain dari ALU adalah 
melakukan keputusan dari suatu operasi logika sesuai dengan instruksi 
program. Operasi logika meliputi perbandingan dua operand dengan 
menggunakan operator logika tertentu, yaitu sama dengan (=), tidak sama 
dengan (¹ ), kurang dari (<), kurang atau sama dengan (£ ), lebih 
besar dari (>), dan lebih besar atau sama dengan (³ ) 
output device
Output Device (Alat Keluaran) adalah perangkat keras komputer yang berfungsi 
untuk menampilkan keluaran sebagai hasil pengolahan data. Keluaran dapat berupahard- 
copy (ke kertas), soft-copy (ke monitor), ataupun berupa suara. 
Output yang dihasilkan dari pemroses dapat digolongkan menjadi empat bentuk, 
yaitu tulisan (huruf, angka, simbol khusus),i mage (dalam bentuk grafik 
atau gambar), suara, dan bentuk lain yang dapat dibaca oleh mesin 
(machine-readable form). Tiga golongan pertama adalahoutput yang dapat 
digunakan langsung oleh manusia, sedangkan golongan terakhir biasanya 
digunakan sebagai input untuk proses selanjutnya dari komputer. 
Peralatanoutput dapat berupa: 
1.Hard-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk mencetak tulisan dan image 
pada media keras seperti kertas atau film. 
2.Soft-copy device, yaitu alat yang digunakan untuk menampilkan tulisan dan 
image pada media lunak yang berupa sinyal elektronik. 
3.Drive deviceatau driver, yaitu alat yang digunakan untuk merekam simbol dalam 
bentuk yang hanya dapat dibaca oleh mesin pada media seperti magnetic disk atau 
magnetic tape. Alat ini berfungsi ganda, sebagai alat output dan juga sebagai alat 
input.
Output bentuk pertama sifatnya adalah permanen dan lebih portable (dapat dilepas 
dari alatoutputnya dan dapat dibawa ke mana-mana). Alat yang umum 
digunakan untuk ini adalah printer, plotter, dan alat microfilm. 
Sedangkan output bentuk kedua dapat berupa video display, flat panel, 
dan speaker. Dan alat output bentuk ketiga yang menggunakan media 
magnetic disk adalah disk drive, dan yang menggunakan media 
magnetic tapeadalah tape drive.
Alat output dapat berupa:
1.Speaker (internal, external);
2.Printer danPlotter;
3.Monitor;
4.Infocus;
5.Slide;
6.Microfilm;
7.Sound Card;
8.Projector






 
Tidak ada komentar:
Posting Komentar